Monday, November 18, 2013

Pahlawan Generasi Muda Mencerahkan Nusantara



“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya…”
Benarkan, kawan?
Iya… pertama-tama aku mau bilang hallo dulu ke kamu… iya kamu… pahlawannya hati aku *matamanja*
Ai ini baru awal mulai jangan pusing dan ingin ke kamar mandi dulu apah :( tahan dulu tahan…
Dengan quote pembuka diatas, kamu pasti udah tau apa yang akan aku dongengin tulis kali ini…
Iya… pahlawan… tapi bukan pahlawan generasi 90-an macem Saras 008, Panji Manusia Milenium, Gerhana, dan Wiro Sableng… apalagi Sailor Moon, Power Puff Girls, Ultraman, dan yang paling fenomenal… Power Rangers… dan well, tolong di catat juga, pahlawan yang akan aku bahas bukan BIMA SATRIA GARUDA *tarik nafas*… bukan… Ini juga bukan pahlwan-pahlawan yang ada di sinetron jaman sekarang… yang nyelametin kamu-kamu dari penculikan, penjambretan, dan perselingkuhan… bukan…

Udahlah…

Pahlawan…Iya… inget kan hari pahlawan yang diperingati setiap 10 November? Aikamu yang masih SD-SMA ikutan upacara engga? Siapasi pahlawan favorit kamu? Kalo aku si ibu kita Kartini… sang pencetus “Habis Gelap Terbitlah Terang…” bukan… ini bukan tagline iklan bohlam… bukan… Iya… aku suka banget sama quote itu. Aku ngerasa quote tersebut itu benar-benar terjadi di bangsa dan cinta kita… *lirik foto Dude Herlino*
Dengan keberanian dan perjuangannya, tidak sedikit dampak positif yang dirasakan oleh kita sekarang. Tapi, bukan ini yang akan aku bahas kali ini…

TERUS APA?APA? *ZOOM IN ZOOM OUT*

Untuk postingan aku yang ke- 234.654.564.766 kali ini, aku akan ngebahas tentang “Pahlawan di Mata Generasi Muda” Iya… Pahlawan yang masih berjuang sampai saat ini… Di mata generasi muda macem aku … Emang masih ada, Sti?

YAIYAIYALAH*kemudian senam iya iyalah*
Siapa?
Mereka… Mereka yang masih meneruskan cita-cita pahlawan kita terdahulu…
Untuk itu…. Mari kita ucapkan bismillah untuk memulai tulisan aku kali ini… IYA BARU MULAI IYA!!!!

Bismillahirahmanirahim…

Oke teman-teman ku sebangsa dan setanah air, pahlawan di mata generasi muda yang mampu menginspirasi untukku dan mungkin kamu menurut aku adalah mereka… Para generasi muda yang berani mengambil keputusan untuk terjun langsung ke pelosok-pelosok daerah untuk membantu memajukan daerah tersebut terutama dari sisi kesehatan dan pendidikan *tarik napas dalam-dalam*
Pernah liat acara “Lentera Indonesia” di NET TV?… Iya… channel TV baru yang ada acara nya the Dandees itu… Nah, Lentera Indonesia menyajikan suatu tayangan yang cukup menginspirasi untuk aku… Program dokumenter yang diangkat dari kisah-kisah pengalaman nyata para anak muda yang rela melepaskan peluang karir dan kemapanan kehidupan kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa-desa terpencil di seluruh pelosok negeri selama satu tahun.   Aku aja suka senyum-senyum sendiri kalo lagi nonton program tersebut, apalagi sambil bayangin wajah kamu… duh…sambil garuk-garuk tembok bahkan…



 Nah waktu aku ke Social Media Festival 2013 kemarin, *eng btw aku belum nulis hal ini di blog* takdir mempertemukan aku dengan satu komunitas. Mereka adalah @pencerahnusantara. YOU KNOW WHAT GUYS, mereka yang didalamnya adalah segerombolan anak muda yang bertekad memajukan kesehatan masyarakat-masyarakat di pelosok-pelosok negeri ini. Karena masyarakat yang sehat akan menyehatkan lingkungan sekitar pula.
Aku akan ceritain sedikit tentang mereka, aku dapet info ini dari kak Nindi *agak lupa namanya*, seorang yang ada didalamnya juga… Beliau adalah seorang lulusan fakultas kedokteran UI…
Pertaman-tama, tugas mereka yang dikirim ke pelosok tersebut adalah membantu masyarakat disana untuk membangun kehidupan yang lebih baik, terutama dari segi kesehatan. Mereka dibekali dengan ilmu-ilmu sebelum di berangkatkan. Dan yang paling membuat aku amaze adalah, mereka harus survive untuk itu semua *tepuktangan*. Mereka tinggal di rumah-rumah warga, hidup seadanya… Membantu membuat usaha yang bisa menggerakkan roda ekonomi masyarakatnya dan memperbaiki infrastruktur disana pun juga menjadi tugas mereka. Setahun… Iya… waktu mereka adalah setahun… Setahun hidup jauh dari orang tua, keluarga, teman-teman, dan gemerlap ibu kota… Kalo aku, mungkin udah kaya gini…

Mereka juga mengajar disana. Perjuangan mereka untuk mengajar anak-anak disanapun aku acungi dua jempol! Engga… 4 jempol! Anak-anak sangat mencintai mereka… Mereka mengajar dengan cara yang sangat baik dan engga ngebosenin! Aku juga denger cerita, bahkan ada seorang volunteer yang sampai membuat masyarakat disana menangis saat dia ingin kembali ke ibukota karna tugasnya sudah selesai didaerah tersebut… Mereka menangis karna engga ingin kehilangan sosok yang telah menemani dan membantu mereka selama setahun… Aku pun terharu… yang ada dipikiran aku saat itu adalah, “sebaik apa orang itu?”
Mereka yang telah memutuskan untuk terlibat dalam “perbaikkan Negara” diusia yang sangat muda adalah mereka yang patut kita HARGAI keberadaannya…Mereka yang berani terjun langsung adalah mereka, PAHLAWAN GENERASI MUDA! Aku pernah nonton salah satu episode di Lentera Indonesia, seorang permpuan muda bilang “Aku lahir dan besar di sini, banyak banget yang Negara ini kasih untuk aku. Cuma ini yang bisa aku lakuin untuk Negara ini..” Mungkin kata-katanya kurang pas, tapi intinya ya seperti itu…Ini adalaha kata-kata yang cukup membuat aku terperanjat dan berpikir, “ternyata masih ada anak muda masa kini yang kayak begini…”*nangis di pundak Zayn Malik*
Yess… intinya, menurut aku, Pahlawan Generasi Muda yang Mampu Menginspirasi negeri ini adalah MEREKA… para volunteer PENCERAH NUSANTARA dan LENTERA INDONESIA yang benar-benar bermisi untuk MENCERAHKAN NUSANTARA… Meneruskan cita-cita para pahlawan yang telah gugur di medan perang. Tagline mereka adalah..

TUNJUKKAN AKSIMU, MULAI BAKTIMU jadilah PENCERAH NUSANTARA!
“Karenanya untuk menuju Indonesia yang sejahtera, tentunya di perlukan suatu  perubahan besar. Perubahan besar selalu diawali dari perubahan kecil…”
Karena hanya Bangsa yang SEHAT yang bisa PRODUKTIF dan KREATIF
*tepuktangan**tangisbahagia*

Untuk info selanjutnya buat kamu-kamu yang mau mengabdi kepada negeri seperti ini, bisa di follow @pencerahnusantara atau kunjungi website nya di www.pencerahnusantara.org untuk info-info selanjutnya.

Menurutku, sosok pahlawan yang sesungguhnya ada di dalam diri kita, para mahasiswa , BAHKAN SEMUA GENERASI MUDA INDONESIA BISA MENJADI PAHLAWAN BAGI NUSA DAN BANGSA…Kita semua mampu menginspirasi dan menularkan semangat berinovasi untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera. Hanya ada satu langkah terbaik untuk menuju hal tersebut, NIAT! 

“SEMUA YANG BAIK SELALU MUNCUL KARENA ADANYA NIAT YANG BAIK”

Tulisan ini aku persembahkan untuk kamu semua, para generasi muda calon penerus bangsa. Tulisan ini juga aku ikut-sertakan dalam lomba BCA (Blog Cari Inspirasi) di INFOCUS 2013…

Ajang uji kreasi media informasi dan komunikasi. Dipersembahkan oleh Dep.Medikom @HMGP_PNJ hanya untuk mahasiswa TGP-PNJ. (Ini isi bio twitter  @infocus2013)
Doain aku dong supaya aku menang, kali aja hadiahnya jalan-jalan plus makan berdua sama…kamu… iya kamu…Semoga tulisan aku bermanfaat buat kamu semua …

Akhir kata aku kembarannya Emma Watson *muntahpelangi* undur diri…

Sambut seruan saya... HI..DUP.. MAHA..SISWAAAAAAA *ala ka Haikel*

Wassalamualaikum warahmaatullahiwabarakatuh…

2 comments: