Sunday, December 21, 2014

SUNDAY CHALLENGE ACCEPTED

Hai... Im Astika Asti Yellow... tengkyuh okeh okeh...
Hahhaha da aku mah apa atuh sok-sok-an mau ikut-ikutin kaka Dijah Yellow :(
Oh, HAI! IM BACK AGAIN YEEEEEEY *TepukTangan* *SoraiGembira* *TangisBahagia*
Hari ini aku mau nge-bacot curhat lagi di blog aku ini nih heheheh
Plis kalian yang baca pura-pura seneng ya sama bacotan curhatan aku kali ini...
Oke... mari mulai...
Ceritanya gini, kemarin, iya... kemarin... abis apdet yang INI, aku ga ada kerjaan lagi. Aku gatau harus ngapain. Kayang udah, salto udah, tapi tetep aja ngerasa bosen. Dan tiba-tiba abis beresin file-file yang betebaran ga beraturan di flashdisk, aku liat film pendek "Sebelah"-nya Reza Rahadian... Iya... si ganteng nan macho itu :") Tadinya mau aku tonton, tapi aku keinget kalo aku tonton lagi itu berarti udah ke 4 kali nya aku nonton film ini tanpa BOSEN... Huft!
Akhirnya aku mengurungkan niatku. Gara-gara itu, aku jadi kebayang-bayang muka om Reza Rahadian... Ya mumpung lagi kebayang di otak, aku ieng aja mau bikin fanart buat om Reja. YES aku produktif lagi! Nah setelah selesai, aku post di instagramku dan aku tag ke akun official nya dia...kayak gini nih...

Aaah seneng deh masa :)
Nah, hari ini, seharusnya tugasku itu adalah menyelesaikan LPJ! Aku ulang, MENYELESAIKAN LPJ! Iya, 2 LPJ! Tapi, apadaya jiwa raga ini menolak untuk menyentuh nya :"( Maaf... Aku ga megang sama sekali tugas-tugas ku itu... dan aku malah memilih jalan lain untuk tetap produktif dihari minggu ini...
Akhirnya aku memutuskan untuk melakukan TANTANGAN untuk diri aku sendiri yang aku namain #SundayChallenge di instagram pribadi aku. Jadi gini, aku nantang diri aku buat bikin 3 fanart dalam sehari. Rencana awalnya, aku mau buat 2 fanart buat artis, dan satunya buat siapapun yang mau request... Cie request... sok-sok an nawarin orang padahal utang gambar banyak banget :(
Tapi yaaaaaaaa.... yaudah ga ada yang mau GAPAPA GAPAPA IM FINE! Akhirnya ke-3 fanart aku yang nentuin sendiri.
Oke langsung aja... yang pertama... Aku bikinin buat teteh Angelina Jolie...

Ga sebanding ya :( teteh Jolie mah cakepnya ga bisa ditandingin sama apapun deh ah :(
Yang kedua... fanart buat penyanyi Indonesia yang sanggup membuat semua orang jatuh cinta... teteh Raisa...

Dan yang terakhir, gapapa gapapa ga ada yang mau digambarin GAPAPA! Akhirnya aku memutuskan untuk membuatkan fanart buat idola masa kini, mbak Dijah Yellow yey!

Oke oke... tengkyuh hahahaha iya... maaf kalo ga secantik mbak nya... Kemampuan ku sudah cukup sampai disitu mbak :( Jangan marahin aku ya :(

Daaaaan yey! ini berarti CHALLENGE ACCEPTED! ditambah aku juga ngapdet blog hari ini, wah produktif juga yes heheheh
Akusi gapunya tujuan apa2 gitu bikin gini-ginian, cuma iseng. Cuma buat bikin aku tetep produktif. jadinya nantangin diri sendiri gitu soalnya ga ada kan yang mau nantangin aku :(
Ohiya, sekalian deh... Aku mau ngasi info sedikit tentang aplikasi yang aku gunain buat nge #OneDayOneDoodle nya aku... Soalnya lumayan banyak yang nanya..
"Sti bikin dimana?"
"Sti bikinnya pake apa?"
"Sti itu bikin di hp?"
"Sti masih jomblo?".... Oke abaikan yang terakir...
Oleh karena ini aku mau berbagi kebahagiaan untuk kamu-kamu yang penasaran sama aplikasi yang aku pake buat gambar-gambaran... Ya mungkin mah udah pada tau juga sih tapi gapapalah yah kali aja ada yang belum tau :p
Oke... namanya Autodesk Sketchbook...
APATUH APATUH?!
Ya ini aplikasi yang aku pake buat gambar-gambaran... Bisa di donlot di playstore terdekat  langsung dari hp kamu... Dulu, pertama kali nya, aku pake yang Sketchbookx, yang warnanya biru, nih yang ini...
Tapi semua berubah setelah teman aku ngasih apk autodesk yang udah pro... HAHAHA namanya Autodesk Sketchbook. Penampakannya kaya gini...
Over all penampilan keduanya mah sama sih... mungkin beda di beberapa tool aja, kayak kalo di Autodesk Sketchbook brush-nya banyak banget, bikin bahagia deh :)
Nah, buat yang suka nanya ke aku aku bikinnya pake pen apa engga, jujur aku ga pake pen sama sekali. Hp aku mah butut da ga dapet pen pas beli :( Pas nyoba pake drawing pen pun ga support :( Yaudah, aku pake jari-jari aku aja yang suka dikatain kecil lah pendek lah bengkok lah :( Iya, aku gambar di situ pake jari aku, mungkin suatu saat nanti bakal pake jari kamu... atau ga pake jari kita berdua buat nge-gambar hari-hari kita nanti...Iya.. kita.... aku dan kamu, aa Reza Rahadian :*

Nah udah segitu aja... Iya udahan kok udahan! Pokonya Practice makes Perfects lah! dan selalu produktif kapanpun dimanapun kamu berada agar hari dan waktumu ga kebuang sia-sia. Aku Asti mahasiswa DG, TGP, PNJ yang tinggalnya di Matraman dan pulang balik kampus naik kereta dari Tebet/Manggarai mengundurkan diri... DADAH!

Saturday, December 20, 2014

Cerita mahasiswa desain grafis

Haiiiiiiiiyyyyyyy....
UAS aku udah beresan!!!! YAY!
Well, dateng-dateng langsung curhat ga karuan... BIARIN sih!
Uda lama juga ya aku ga nyampah nulis yang ga jelas curhatan aku disini...
Setelah beberapa lama aku nge-post tentang tugas MarComm melulu, aku kembali lagi sebagai Asti yang suka nyampah curhat disini :D
Yap! Aku senang UAS ku sudah beresan! HU-HU-HU-RAAAAAAAYZ!
Iya, semester 3 sebentar lagi aku mau DADAH-in! Aku mau BYE-in! Aku mau IN MEMORIAM-in!
Setelah seminggu kemarin aku di hantui sama tugas-tugas UAS, hari ini aku bisa santai-santai. Sangking santai-nya aku bisa ngebacot curhat lagi disini :)
Yayaya! aku bener-bener capek banget seminggu kemarin, ya you know lah... tugas dimana-dimana bangetlah kalo mau UAS. Aku capek.. hampir mau muntah nyium bau tugas yang betebaran, yang ga aku sentuh-sentuh :(
Iya... AKU SUNGGUH PEMALAS!
Tugas selalu aku kerjain kalo BESOKNYA UDAH MAU DIKUMPUL! HOW LAZY IAM! YASH! Sangking malesnya, 3 tugas yang dikumpulin pada hari yang sama belum selesai aku kerjain! Jadi aku harus bagi-bagi waktu dalam semalam buat bisa ngerjain dan ngeberesin ke-3 tugas itu. Iya, tugas Kalkulasi Desain, KomGraf, dan Bahasa Inggris. Ya... keliatannya mah biasa aja... Tapi tugas-tugas itu bukan sekedar tugas :( 
Yang pertama, tugas Kalkulasi Desain, itu aku di "tuntut" harus ngitung Harga Desain nya si Dina, padahal aku sama sekali engga kenal sama Dina. SUMPAH! Ga kenal! Aku harus ngitung "rate" nya dia, harus nentuin Tahapan Kerja nya dia, huft banget deh :(
Yang kedua, KomGraf alias Komputer Grafis. Ya buat kalian yang udah pada jago Potosop mah mungkin ngeliat tugas UAS ku bakalan semenit jadi. TAPI AKU! Aku bukan kalian! huhuhuhhh 
Aku harus berulang kali "ngulang" beresin rambut-rambut nya si model chakeph!Iy, pake acara nge-kalkulasi-in Channel-channel nya :( Aku udah ga kuadh.. kata bapaknya biar bagus... Iya, biar kaya contoh yang bapak dosen aku contohin... Temen-temen aku uda pada beresan dari kapan tau! Sedangkan aku, H-1 dikumpul baru START! DASAR!
Dan yang terakhir, yang bikin aku ga tidur sama sekali, tugas Bahasa Inggris... IYA! CUMA BAHASA INGGRIS! Yang tugas UAS nya bikin video Advertisement, boleh commercial mau pun non-commercial... Dan, waktu advertisement nya minimal 8 menit! KUDU PIYE?!!! Dan, aku itu buta banget sama Adobe Premiere :( Aku mah apa atuh aku gabisa apa-apa selain Sony Vegas, itu juga sebatas tau :( Sony Vegas aku udah di uninstall, temen-temen ku pake nya Premiere, ya kepaksa aku pake itu juga :( DAN AKU MAU NANGIS MULU NGERJIN INI :( dari mulai ga ngerti apa-apa dan sempet mati lampu disaat ngerjain! Ngedit video yang isinya muka sendiri bersama temen kelompok itu bikin enek sendiri. Sampe gumoh tau ga! Rasanya ga mau ngaca lagi, udah terlalu bosen liat muka di video :( 
Alhasil saat paginya ke kampus aku SUPER lemas tak bergairah jiwa raga :(
But, my lecturer said that our video was AWESOME!!!!! She said that it was VERY NICE video! OMG Thanks Ms Sari :* YOU WAKES ME UP!
Hari itu pun menjadi HARI TER-BAHAGIA kelasku, DG3B. Walaupun masih tersisa satu matkul lagi, kami tetap CERIA!
Semester 3 ini sangat-sangat KEREN! Kalo kata Tiwaw, matkul nya "Asti banget" hahahah selalu ketawa kalo inget itu, padahal mah aku paling males kali kalo dibandingin temen ku yang lain :D
Semester 3 udah mau abis, aku sedih :( Aku suka banget sama matkul di semester ini, terutama matkul Kewirausahaan yag udah bikin aku punya usaha baru dibidang kuliner, selain jasa desain yang aku udah diriin sama temen-temen ku. SENENG banget di ajarin sama dosen-dosen yang KEREN nya ga abis-abis, dan mereka alumni kampus aku juga... I LOVE TGP SO MUCH! Iya... TGP.. jurusan aku. kalo orang-orang kan jurusan yang sejenis sama aku namanya DKV, aku mah TGP, Teknik Grafika dan Penerbitan dan aku ada di prodi Desain Grafis dan SUMPAH AKU BANGGA BANGET KULIAH DISINI :) Ayo dedek-dedek lucu jangan lupakan TGP ya dari daftar list PTN mu nanti, adanya di  PNJ, Politeknik Negeri Jakarta :)
Terimasih Bu Anggi, Bu Susi, Bu Wiwi, Ms Sari, Pak Andri, serta Pak Sony, Pak Nanang dan pak Eko yang BENAR-BENAR membuat aku "IRI" dengan usaha kalian agar bisa sampe se-sukses sekarang... IYA! Iri karna ingin "maju" kayak mereka:) Sampai jumpa di Semester 4 Bapak Ibu :3
NAH! Selain itu, aku mau ngasih tau kalo aku itu lagi "Pura-Pura" bikin diri aku terlihat produktif setiap hari. Iya, hampir sebulanan apaya aku udah nerapin hashtag ini, #OneDayOneDoodle di Instagram aku . Iya, aku selalu berusaha nge-doodle setiap hari... Walaupun ada yang bolong-bolong kaya gigi aku :( Dan yes! I enjoyed this hashtag so much! iya, karna Practice makes Perfects bener-bener kalimat yang sangat terbukti ke-ampuhannya. Aku ngerasain hal ini banget. Ini segelintir hasil doodle ku yang sering aku bikin di perjalanan menuju kampus ataupun waktu senggang and yes! it makes me more productive
                       

Aku mau ngajakin kalian juga ikutan #OneDayOneDoodle, mau ga? ENGGA??! YAUDA BYE! 
Ini aku masukin dalam pencapaian ku di tahun ini, sebelum 2014 abis, aku juga maih ada beberapa pencapaian yang belum sempet aku kejar... termasuk sering nulis disini... Aku LALAI, lagi :(
Yaudah, ini malem minggu, semoga dengan baca curhatan aku ini kamu bisa STOP stalkingin dan galauin orang-orang yang ga pernah galau-in kamu balik ya... Akhir kata, ada kutipan dari dosen Kewirauahaan ku, Pak Nanang yang selalu aku inget, "Bermimpilah selagi mimpi itu gratis, lalu wujudkan agar tak sia-sia.." And Im out! Bye....

Friday, December 19, 2014

PR dan Advertising

Pada hakekatnya Public Relations ini merupakan metode komunikasi yang meliputi berbagai teknik komunikasi. Dimana didalam kegiatannya terdapat suatu usaha untuk mewujudkan hubungan yang harmonis antara suatu badan / perusahaan dengan publiknya. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa Public Relations merupakan suatu fungsi management. Disini diciptakan suatu aktifitas untuk membina dan memelihara sikap budi yang menyenangkan bagi suatu lembaga/ perusahaan disuatu pihak dengan public dipihak lain.


Public relation adalah fungsi khusus manajemen yang membantu membangun dan memelihara komunikasi bersama, pengertian, dukungan, dan kerjasama antara organisasi dan publik, melibatkan masalah manajemen, membantu manajemen untuk mengetahui dan merespon opini publik, menjelaskan dan menekankan tanggung jawab manajemen untuk melayani minat publik, membantu manajemen untuk tetap mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif, berguna sebagai sistem peringatan awal untuk membantu mengantisipasi tren, dan menggunakan penelitian dan teknik suara yang layak dalam komunikasi sebagai alat utama (Maria, 2002). Dalam buku dasar-dasar public relation (Wilcox dan Cameron,2006,p.5) juga mengatakan bahwa “public relations is a management function, of a continuing and planned character, through which public and private organizations and institutions seek to win and retain the understanding, sympathy, and support of those with whom there are or maybe concerned by evaluating public opinion about themselves, in order to correlate, as far as possible their own policies and procedures, to achieve by planned and widespread information more productive corporation and more efficient fulfillment of their common interests”. yang kurang lebih memiliki arti public relations merupakan fungsi manajemen dari sikap budi yang direncanakan dan dijalankan secara berkesinambungan oleh organisasi atau lembaga umum dan swasta untuk memperoleh dan membina saling pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang mempunyai hubungan atau kaitan, dengan cara mengevaluasi opini publik mengenai organisasi atau lembaga tersebut, dalam rangka mencapai kerjasama yang lebih produktif, dan untuk memenuhi kepentingan bersama yang lebih efisien, dengan kegiatan penerangan yang terencana dan tersebar luas.



Tujuan Public Relation

Tujuan utama dari public relation adalah mempengaruhi perilaku orang secara individu maupun kelompok saat saling berhubungan, melalui dialog dengan semua golongan, dimana persepsi, sikap dan opininya penting terhadap suatu kesuksesan sebuah perusahaan (Davis, 2003).

Menurut Rosady Ruslan (2001, p.246) tujuan public relation adalah sebagai berikut:
a. Menumbuhkembangkan citra perusahaan yang positif untuk publik eksternal atau masyarakat dan konsumen.
b. Mendorong tercapainya saling pengertian antara publik sasaran dengan perusahaan.
c. Mengembangkan sinergi fungsi pemasaran dengan public relation.
d. Efektif dalam membangun pengenalan merek dan pengetahuan merek.
e. Mendukung bauran pemasaran.

Jefkins (2003, p.54) mendefinisikan dari sekian banyak hal yang bisa dijadikan tujuan public relation sebuah perusahaan, beberapa diantaranya yang pokok adalah sebagai berikut:
a. Untuk mengubah citra umum di mata masyarakat sehubungan dengan adanya kegiatan-kegiatan baru yang dilakukan oleh perusahaan.
b. Untuk meningkatkan bobot kualitas para calon pegawai.
c. Untuk menyebarluaskan suatu cerita sukses yang telah dicapai oleh perusahaan kepada masyarakat dalam rangka mendapatkan pengakuan.
d. Untuk memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat luas, serta membuka pangsa pasar baru.
e. Untuk mempersiapkan dan mengkondisikan masyarakat bursa saham atas rencana perusahaan untuk menerbitkan saham baru atau saham tambahan.
f. Untuk memperbaiki hubungan antar perusahaan itu dengan masyarakatnya, sehubungan dengan telah terjadinya suatu peristiwa yang mengakibatkan kecaman, kesangsian, atau salah paham di kalangan masyarakat terhadap niat baik perusahaan.
g. Untuk mendidik konsumen agar mereka lebih efektif dan mengerti dalam memanfaatkan produk-produk perusahaan.
h. Untuk meyakinkan masyarakat bahwa perusahaan mampu bertahan atau bangkit kembali setelah terjadinya suatu krisis.
i. Untuk meningkatkan kemampuan dan ketahanan perusahaan dalam menghadapi resiko pengambilalihan oleh pihak lain.
j. Untuk menciptakan identitas perusahaan yang baru.
k. Untuk menyebarluaskan informasi mengenai aktivitas dan partisipasi para pimpinan perusahaan organisasi dalam kehidupan sosial sehari-hari.
l. Untuk mendukung keterlibatan suatu perusahaan sebagai sponsor dari suatu acara.
m. Untuk memastikan bahwa para politisi benar-benar memahami kegiatan-kegiatan atau produk perusahaan yang positif, agar perusahaan yang bersangkutan terhindar dari peraturan, undang-undang, dan kebijakan pemerintah yang merugikan.
n. Untuk menyebarluaskan kegiatan-kegiatan riset yang telah dilakukan perusahaan, agar masyarakat luas mengetahui betapa perusahaan itu mengutamakan kualitas dalam berbagai hal.
Secara keseluruhan tujuan dari public relation adalah untuk menciptakan citra baik perusahaan sehingga dapat menghasilkan kesetiaan publik terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan (Mulyana, 2007). Selain itu public relation bertujuan untuk menciptakan, membina dan memelihara sikap budi yang menyenangkan bagi lembaga atau organisasi di satu pihak dan dengan publik di lain pihak dengan komunikasi yang harmonis dan timbal balik (Maria, 2002).


Fungsi Public Relation

Menurut Maria (2002, p.31), “public relation merupakan satu bagian dari satu nafas yang sama dalam organisasi tersebut, dan harus memberi identitas organisasinya dengan tepat dan benar serta mampu mengkomunikasikannya sehingga publik menaruh kepercayaan dan mempunyai pengertian yang jelas dan benar terhadap organisasi tersebut”. Hal ini sekedar memberikan gambaran tentang fungsi public relation yaitu:
1. Kegiatan yang bertujuan memperoleh itikad baik, kepercayaan, saling adanya pengertian dan citra yang baik dari publik atau masyarakat pada umumnya.
2. Memiliki sasaran untuk menciptakan opini publik yang bisa diterima dan menguntungkan semua pihak.
3. Unsur penting dalam manajemen guna mencapai tujuan yang spesifik, sesuai harapan publik, tetapi merupakan kekhasan organisasi atau perusahaan. Sangat penting bagaimana organisasi memiliki warna, budaya, citra, suasana, yang kondusif dan menyenangkan, kinerja meningkat, dan produktivitas bisa dicapai secara optimal.
4. Usaha menciptakan hubungan yang harmonis antara organisasi atau perusahaan dengan publiknya, sekaligus menciptakan opini publik sebagai efeknya, yang sangat berguna sebagai input bagi organisasi atau perusahaan yang bersangkutan.
Dapat disimpulkan bahwa public relation lebih berorientasi kepada pihak perusahaan untuk membangun citra positif perusahaan, dan hasil yang lebih baik dari sebelumnya karena mendapatkan opini dan kritik dari konsumen. Tetapi jika fungsi public relation yang dilaksanakan dengan baik benar-benar merupakan alat yang ampuh untuk memperbaiki, mengembangkan peraturan, budaya organisasi, atau perusahaan, dan suasana kerja yang kondusif, serta peka terhadap karyawan, maka diperlukan pendekatan khusus dan motivasi
dalam meningkatkan kinerjanya. Dengan singkat dapat dikatakan bahwa fungsi public relation adalah memelihara, mengembangtumbuhkan, mempertahankan adanya komunikasi timbal balik yang diperlukan dalam menangani, mengatasi masalah yang muncul, atau meminimalkan munculnya masalah (Black, 2002).


ADVERTISING

Advertising adalah usaha yang bergerak di bidang periklanan. Advertising tidak akan pernah lepas dari ide. Karena dari ide inilah suatu iklan menjadi bernilai. Advertising menyediakan jasa pembuatan konsep, percetakan serta penempatan iklan, tergantung dengan jenis usaha advertising. Seiring dengan pesatnya dunia bisnis dan usaha, advertising dapat menjadi salah satu alternatif usaha, karena hampir semua perusahaan membutuhkan jasa periklanan. Bahkan, biasanya dalam suatu perusahaan, marketing adalah hal yang paling utama. Jadi, pangsa pasar untuk usaha advertising sangat luas. Dalam hal keuangan, advertising tidak membutuhkan banyak modal, karena fungsinya hanya sebagai distributor dengan mengandalkan kreatifitas. Advertising hanya memberikan ide ide kreatif pada produk iklan.
Perkembangan dunia usaha yang semakin pesat membuka pintu bisnis untuk membuka usaha di bidang periklanan. Dengan berbagai produk yang bisa dibuat, maka adverstising mampu memberikan pilihan bagi marketing untuk masuk ke dalam pasar. Contoh produk advertising adalah sticker, pin, poster, flyer, spanduk, x-banner, roll banner, one way vision, blocknote,
Usaha advertising dapat dimulai dengan berjualan produk advertising yang kecil – kecil seperti stiker, pin, atau mug. Hal ini dapat dilakukan dengan tanpa modal, yaitu dengan teknik pre-order. Jadi sebelum barang itu dicetak atau dibuat, calon pembeli diberikan sampel desain terlebih dahulu untuk meminimalisir kerugian. Setelah calon pembeli memilih desain yang ingin dicetak, maka calon pembeli harus membayar penuh didepan agar dapat segera dicetak.
Anda dapat menawarkan hasil desain anda ke teman – teman anda, saudara, atau bahkan masuk ke instansi instansi besar. Semakin banyak link ke instansi, semakin besar kemungkinan anda mendapatkan pelanggan atau returning user. Dan semakin besar pula pasar untuk anda.
Usaha advertising dapat dikembangkan menjadi lebih luas lagi dengan fokus pada salah satu produk, contohnya buku angkatan. Usaha advertising yang fokus pada buku tahunan mempunyai prospek yang lebih besar lagi, karena hampir setiap sekolah pada masa kelulusan pasti membuat buku angkatan. Dengan bermodal keahlian desain dan fotografi, anda dapat mengembangkan usaha advertising fokus ke pembuatan buku angkatan.
Kendala Advertising
1. Pasar
Mudahnya orang memulai bisnis ini, maka pasar pun semakin sempit karena semakin banyaknya pesaing yang ada. Bahkan tidak jarang usaha advertising yang gulung tikar karena kalah bersaing.
2. Permodalan
permodalan ini sangat mempengaruhi persaingan, terutama di jogja, karena advertising hanya sebagai penghubung antara user dengan percetakan. banyak
percetakan yang mem-'by pass' langsung ke user, sehingga persaingan tidak hanya terjadi antar perusahan advertising, namun juga dengan percetakan.
Solusi
1. Mengatasi pangsa pasar
Pangsa pasar di Jogja sudah sangat sedikit, ini di karenakan menjamurnya usaha advertising di jogja. Sehingga, lebih baik ekstensifikasi ke luar kota daripada harus intensifikasi di dalam kota. kecuali, sudah memiliki relasi relasi pasar yang sudah pasti.
2. Mengatasi Permodalan
untuk mendirikan usaha advertising memang tidak dibutuhkan modal yang besar, namun karena persaingan pasar yang ketat, maka dibutuhkan finansial yang kuat di awal. hal ini dapat diatasi dengan memperbanyak relasi pasar dan relasi percetakan.
Tips and Trick
Saat ingin mendirikan perusahaan advertising dengan modal minim (atau nol), maka dibutuhkan usaha keras dan tentunya pantang menyerah. Berikut tips dan trick di awal usaha advertising.
1) Perbanyak link, terutama ke percetakan dan user.
2) Usahakan user puas dengan hasil kerja anda. Perbanyak returning-user.
3) Berikan kepercayaan kepada pemilik modal (jika anda meminjam modal).
4) Promosikan usaha anda sebelum anda mempromosikan milik orang lain.

Sources:
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/public-relation-definisi-fungsi-dan.html
http://malikaglobalmedia.blogspot.com/2012/10/advertising-adalah-usaha-yang-bergerak.html