Saturday, March 7, 2015

Mari jadi Entrepreneur Muda

Boom Boom Boom Clap!

Bukan, aku bukan Charlie XCX…

Aku juga bukan mau ngucapin selamat tahun baru 2015 kok :( Bukan juga mau nge-post tugas Marketing Communication… Kan aku udah semester 4 sekarang :) Horeeee!

TERUS?

Ya, aku seneng aja bisa nyampah nge-post lagi disini. Maklum, aku lagi sok sibuk-sibuk nya banget nyiapin pesta ulang tahun ku bareng Nial Horan dan Harry Styles tanggal 9 Maret nanti guys *kodekeras* :)
Sibuk nugas, sibuk selesain kerjaan, sibuk kuliah, sibuk gituin usaha baru, sibuk godain abang tukang cilok di pocin, sibuk tidur, sibuk nyari tulang rusuk, dan yang terakhir, sibuk mikirin dia yang ga pernah mikirin aku :(

Kalo diliat-liat, kesibukan aku diatas ada yang aku kasih italic, underline plus bold kan ya… Iya, sibuk selesain kerjaan dan sibuk gituin usaha baru. Selagi masih menikmati masa-masa jadi Mahasiswa, aku ga mau berenti mencintaimu nyia-nyia-in waktu. Yang ada didepan mata, pasti langsung aku sikat gapake miring. Singkat cerita, aku bisa disebut sebagai Mahasiswa penjual korek api Pencari Order atau bisa disingkat menjadi MPO. Atau mungkin MPR, Mahasiswa Pencari Rezeki. Tapi plis, jangan panggil aku MPK. Aku ga kedingingan kok, jadi aku ga butuh Kehangatan :”

Aku bersyukur banget jadi Mahasiwa Desain Grafis *pasang muka dua bahagia*. Iya, sangat sangat bersyukur. Tapi, postingan ku ini bukan cuma buat anak DG atau DKV da, tapi buat kamu..Kamu semua!

 Dari aku masih diperut ibu, aku udah ber-cita-cita buat jadi Asian’s Next Top Model orang yang bermanfaat. Sekarang, aku punya 2 usaha yang lagi on-going gitu, Ha-Ha Design dan MahKong Jarang.

First, Lemme introduce my precious Corporate. Ha-Ha Design. 



Ya sebagai selebriti Hollywood mahasiswa Desain Grafis, aku bersama yang lain ber-cita-cita menciptakan perusahaan yang bergerak di bidang desain. Ha-Ha design isinya orang-orang yang suka ketawa selalu membawa keceriaan. Makanya namanya Ha-Ha, karna desain yang baik adalah desain yang di desain dengan perasaan yang baik pula, agar penyampaian dan pemaknaan pesan yang ada pada desain tersebut dapat tersampaikan dengan sempurna, betul tidak? Hahahah!

Kedua, MahKong Jarang… Yup! Yang satu ini muncul karena tugas kewirausahaan ku di Semester 3 kemarin. Ya, buat tau lebih banyak tentang MahKong Jarang, bisalah klik DISINI ya, di LIKE deh hehehe.

Nah, yang aku mau bagiin ke kalian kali ini adalah sesuatu yang pernah Dosen Favorit ku kasih ke aku, Pak NangWe. Ga cuma dia, ada juga beberapa tips dari orang-orang hebat yang pernah aku temui. Ya, sekedar berbagi ilmu aja sih buat para Mahasiswa kekinian. Aku yakin, satu diantara kalian yang baca ini pasti pernah kan ber-mimpi punya usaha sendiri. Membuka lowongan buat yang lain, nggak hanya jadi yang nyari lowongan :)

Nah, untuk bisa jadi Entrepreneur yang baik, kita orang harus tau 8 to Be Great Entrepreneur yang pak NangWe kutip dari buku nya om Richard St John, 8 to Be Great…

1. Passion : Passion emang bukan segalanya, tapi dengan passion semuanya bisa jauh lebih baik. Passion juga ga mesti bawaan dari lahir. Tapi, juga bisa dilatih dan di cari ko :)

2. Kerja : mau jadi Entrepreneur bukan brati lepas dari yang namanya kerja. Cuma orang-orang yang mau be-kerja KERAS yang bisa berhasil, yakan :)

3. Fokus : Melakukan satu hal pada saat 1 periode waktu. Jangan serakah, tapi kalo ada peluang, why not? Yang penting “sebelum” nya jangan di lupain.

4. Motivasi : Kita harus punya dorongan kuat yang menyemangati. 

5. Ide : Kita harus selalu kreatif, jarang kehabisan ide dan harus berani menyampaikan ide.

6. Pengembangan Diri : Ga boleh berhenti belajar.

7. Melayani : Mampu mengontrol ego, dan rendah hati.

8. Tekun : Tidak mudah menyerah dan juga ganti haluan.

Nah, untuk menjadi seorang Entrepreneur yang baik, 8 point di atas lah kuncinya.
Intinya, seperti quote nya dosen ku itu, 

“Bermimpi lah saat mimpi itu gratis, lalu wujudkan agar tidak sia-sia”
---pak NangWe---

Setelah pak Nanang, ada role model lagi yang mau aku tuangkan disini ilmu-nya… yup! Kak Benny Fajarai, sang empunya Kreavi. Ka Ben pernah dateng ke kampus aku buat ngadain Creative Sharing gitu.

Ya, sama membahas Entrepreneur. Menurut Ka Ben, Entrepreneur itu punya 10 karakter, yaitu, Highly Curious, Anti Mainstream, Adaptable, Enthusiast to Build, Confident, Independent, Competitive, Impatient, Tenacious, dan Ambitious.

Buat jadi seorang Entrepreneur, he said that you should know about…

HOW’s SUCCESS LOOKS LIKE? IT’S NOT ABOUT THE RESULT, BUT THE PROCESS is NUMBER ONE!

Yup! Proses! Ga semua proses buat jadi pengusaha itu muluzzz kaya Asti Chelsea Islan. Jadi, ga ada tuh yang namanya MUNDUR di tengah-tengah, You Should be “no option”! Ya harus berani ngambil resiko. Selesain sampai tuntas! Nikmatin aja prosesnya, baik engga hasil yang akan didapetin, urusan nanti.

Ada lagi, kalo kata kak Ade Yulianti (Yang punya ICHI K-POP Tshirt) yang merupakan alumni TGP, PNJ, salah satu motivasi buat jadi seorang Entrepreneur adalah…

COBA RASAIN APA YANG DI PENGENIN!
Dengan itu, kita bisa memulai untuk mendapatkan apa yang kita ingin kan!

Kemudian juga menurut pak Iim Rusyamsi, penulis Keajaiban Tangan di Atas yang juga merupakan Founder Komunitas Tangan di Atas (Komunitas Entrepreneur terbesar di Indonesia), menjadi seorang Entrepreneur adalah pilihan yang tepat, karena…

1. 9 dari 10 pintu rezeki selalu ada untuk pengusaha.

2. Kita bakal masukin Era Pasar Bebas, coba mulai jadi “peserta”, jangan selamanya jadi “penyimak”.

3. Kewirausahaan bertebaran di mana-mana.

4. Indonesia butuh banyak jumlah pengusaha, agar masyarakat kita ga usah jauh-jauh lagi buat bekerja.

Dulu, waktu aku masih dalam masa-masa nya PKKP (Ospek), ada satu pembicara yang aku lupa namanya bilang kalo di dunia ini ada 4 tipe pemuda.

1. Pintar, tapi tidak peduli.

2. Peduli, tapi tidak pintar.

3. Tidak pintar, tidak peduli.

4. Pintar, peduli.

Nah, termasuk ada di posisi mananya itu tergantung kita-nya.

KENAPA ENTREPRENEUR?

Kita, Mahasiswa… Punya fungsi yang disebut DAIMS…

Direct of Change, Iron Stock, Social Control, & Moral Cost

Iya, seorang Entrepreneur mempunyai 4 fungsi itu juga. Jadi, tunggu apalagi?

Identify your passion and competencies!
Because of WHY, We can be HOW!
----Benny Fajarai---

Tunggu apalagi? Mari jadi Entrepreneur Muda!

Tulisan kali ini aku ikut sertakan dalam lomba BBM (Blog Bermanfaat Mahasiswa) INFOCUS 2015. Tahun kemarin, aku juga ikutan :) Yang mau baca, klik DISINI aja :) Yang mau tau tentang apa itu INFOCUS 2015 juga bisa klik DISINI!

Akhir kata, tulisan aku ini bukan untuk menggurui, tapi hanya untuk berbagi… Berbagi ilmu dari orang-orang yang aku kagumi… Dan semoga bermanfaat, terutama untuk kalian, para Mahasiswa! Mari sama-sama menjadi orang yang bermanfaat karena dalam Islam, Rasulullah SAW bersabda,

"Khairunnas anfa’uhum linnas",
yang artinya,
"Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain."
-(HR. Bukhari dan Muslim)-
HIDUP MAHASISWA, SALAM ENTREPRENEUR!